Selasa, 03 April 2018

Waspadai Penyebab Asam Lambung Naik Saat Berpuasa

Selamat datang di blog jagonyamengobatimaag.blogspot.com, Bertemu lagi bersama saya Obatherbalnusantara.com. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang mewaspadai penyebab asam lambung naik saat berpuasa. Untuk seluruh manusia yang beragama muslim saat ini telah mendekati bulan ramadhan, Dimana pada bulan ini, semua umat muslim menjalani ibadah puasa.
Biasanya pada saat berpuasa asam lambung akan naik. Yang jadi pertanyaan nya, apakah ini disebabkan oleh berpuasa ? atau ada faktor lain yang menyebabkan naiknya asam lambung naik saat berpuasa. Ternyata masalah ini sudah ada yang melakukan penelitian oleh salah satu dokter ahli dalam. Untuk penjelasan lebih lengkapnya mari kita simak di bawah ini.

Kenapa Asam Lambung Naik Saat Berpuasa ?

Gastro esophageal reflux disease (GERD) atau biasa dikenal dengan sebutan naiknya asam lambung adalah merupakan salah satu penyakit yang bisa kambuh saat menjalani ibadah puasa. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Konsultan Gastroenterologi) dari Siloan Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, dr Espistel P.Simatupang mengatakan bahwa GERD atau yang bisa disebut dengan asam lambung naik adalah kondisi dimana masalah pencernaan yang kerap terjadi pada saat berpuasa.


Naiknya asam lambung saat berpuasa, sebenarnya bukan diakibatkan oleh berpuasa. Melainkan terjadi karena “BERBARING ATAU TIDUR KEMBALI SETELAH MAKAN SAHUR” Ini akan mengakibatkan suatu kondisi dimana pada saat kondisi perut sedang penuh, pada saat itupun asam lambung akan dengan mudah bisa naik ke kerongkongan. GERD ini juga bisa mengakibatkan rasa yang amat panas pada daerah dada, dan akan merasakan sesak nafas.
Terjadinya asam lambung saat berpuasa juga bisa diakibatkan oleh terlalu banyaknya makan sebelum tidur malam. Selain kebiasan tidur setelah makan. Asam lambung atau GERD  juga bisa diakibatkan oleh pola makan, Salah satu Makanan dan minuman yang bisa memicu terjadi asam asam lambung naik adalah makanan berlemak dan kopi.

Bagaimana Caranya Agar Saat Berpuasa Asam Lambung Tidak Naik ?

Kenapa Asam Lambung Naik Saat Berpuasa – Dalam pepatah dikatan, Lebih baik mencegah daripada harus mengobati. Berikut ini adalah beberapa cara penjegahan agar asam lambung tidak naik saat berpuasa.
1. Jangan Pernah Lewatkan Waktu Makan Sahur
Asam lambung naik saat berpuasa, ini akan menjadi kondisi dimana akan mengganggu aktivitas Anda. Salah satu cara untuk menghindari asam lambung naik saat berpuasa adalah dengan tidak melewatkan makan pada saat sahur. Makan sahur selain disunatkan itu juga akan menjadi bekal perut Anda ketika siang hari, selain untuk bekal perut Anda, Makan sahur juga dapat mencegah dari terjadinya kenaikan asam lambung.
2. Segera Berbuka Jika sudah Waktunya
Setelah tubuh tidak diisi makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam, Perut anda yang kosong tersebut harus segera diisi dengan minum dan makan. Selain bagus untuk perut, Jangan pernah untuk menunda mengisi perut Anda, karna asam yang di produksi agar langsung digunakan untuk mencerna makanan.
3. Ketika Makan, Makanlah Perlahan
Salah satu hal yang harus anda ingat adalah, ketika makan, makanlah dengan perlahan. Walaupun selapar apapun Anda makan dengan perlahan ini akan bagus untuk kesehatan Anda. Karna jika makanan yang tidak dikunyak dengan baik, itu adalah suatu kondisi yang akan memicu lebih besarnya resiko asam lambung akan naik. Oleh karena itu, makanlah dengan perlahan, ini bukan tentang tatakrama makan yang baik saja, tapi ini juga bagus untuk kesehatan Anda.
4. Jasngan Langsung Tidur Setelah Makan
Pada bulan puasa, sahur adalah kebiasan yang sunah untuk dilakukan. Tidak apdol rasanya jika berpuasa tapi tidak sahur terlbeih dahulu. Orang-orang pada umumnya memiliki kebiasan tidur kembali setelah melakukan sahur. Mulai dari sekarang Anda harus terbiasa menghindari kebiasan yang tidak baik ini, karena pada idealnya Jika anda ingin tidur atau melakukan rebahan setidaknya harus menunggu minimal 3 jam setelah makan. Jika Anda membiasakan tidak tidur setelah sahur, Ini akan sangat membantu anda. Karna dengan hal ini anda akan terhindari dari naiknya asam lambung saat berpuasa.
5. Hindari Makan-makanan Yang Dapat Memicu Naiknya Asam Lambung
Tidak hanya hal-hal yang ditas saja yang harus anda lakukan, Anda juga harus mulai menghindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Ada beberapa makanan yang dapat memicunya asam lambung. Untuk lebih lengkapnya anda dapat lihat di bawah ini.
  • Tomat
  • Makanan yang pedas
  • Bawang
  • Makanan yang mengandung lemak tinggi
  • Makanan atau minuman yang memiliki rasa asam
  • Makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, ceklat, dan teh
Kenapa Asam Lambung Naik Saat Berpuasa – Jika anda ingin terhindari dari masalah naiknya asam lambung pada saat berpuasa, Mungkin anda harus segesra melakukan saran dan larangan yang telah kami tuliskan tadi. Terhindarnya anda dari kenaikan asam lambung pada saat berpuasa, ini suatu hal yang sangat bagus dan di dambakan oleh semua orang. Karna ketika anda tidak terkena asam lambung tinggi, puasa anda akan dijalani dengan lancar, dan dapat beraktivitas normal seperti pada hari-hari biasa.

Cara diatas hanyalah sebagai pencegahan saja, Jika anda ingin mengobati asam lambung secara total tampa kembuh kembali. Kami mempunyai cara yang sudah terbukti ampuh untuk mengobati asam lambung.
ORANG LAIN SUDAH MEMBUKTIKAN !!!
SEKARANG GILIRAN ANDA !!!

UNTUK INFO LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN KLIK DI BAWAH INI

Itulah penjelasan mengenai kenapa asam lambung naik saat berpuasa, karna ini bukan di akibatkan oleh puasa, melainkan ada faktor lain yang menyebabkan nya. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini memberikan manfaat bagi Anda. Dan bagi anda yang menjalani pengobatan yang kami rekomondasikan semoga lekas sembuh ya.
Pos by:  
jagonyamengobatimaag.blogspot.com
Waspadai Penyebab Asam Lambung Naik Saat Berpuasa
 

0 komentar:

Posting Komentar

Obat Herbal Nusantara

obatherbalnusantara.com

Kami memberikan cara pengobatan maag secara alami yang sudah terbukti ampuh dan sudah banyak yang membuktikan

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blog Archive